Contoh Fenomena Geografi Fisik Dan Sosial

Contoh Fenomena Geografi Fisik Dan Sosial | Bos Pelajaran -  Aspek fisik geografi mengkaji seluruh fenomena yang terdapat di geosfer yang pastinya bisa mempengeruhi keberlangsungan hidup manusia. contoh aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan juga seluruh fenomena alam yang langsung bisa diamati.

A. Aspek Topologi
mangulas tentang perihal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu daerah, wujud muka buminya, luas zona dan batas - batas daerah yang memiliki identitas khas tertentu.

B. Aspek Biotik
mangulas tentang perihal yang berkenaan dengan komponen vegetasi (tetumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan juga kajian penduduk.

C. Aspek Non Biotik
mangulas tentang perihal yang berkenaan dengan komponen kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat ataupun laut dan juga keadaan hawa dari sesuatu daerah.

Aspek Sosial

selain aspek fisik, kajian geografi juga mencakup aspek sosial. geografi mengkaji manusia yang hidup didalamnya berkat keterkaitan dengan fenomena yang berlangsung di geosfer. aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan juga aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia (kebudayaan) . pada aspek itu manusia dipandang menjadi fokus utama dari kajian geografi dengan mencermati pola penyebaran manusia dalam ruang dan juga kaitan sikap manusia dengan lingkungannya. terdapat diantara aspek yang dikaji, yakni:

A. Aspek Sosial
mangulas tentang perihal yang berkenaan dengan faktor tradisi, adat - istiadat, komunitas, kelompok warga dan juga lembaga - lembaga sosial.

B. Aspek Ekonomi
mangulas tentang perihal yang berkenaan dengan faktor pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan juga pasar.

C. Aspek Budaya
mangulas tentang perihal yang berkenaan dengan faktor pendidikan, agama, bahasa dan juga kesenian.

D. Aspek Politik
mangulas tentang perihal yang berkenaan dengan faktor kepemerintahan yang terjalin dalam kehidupan di warga.